Selasa, Oct 04, 2022

Istighotsah dan Doa Bersama sebagai Tradisi Religius dalam Menanamkan Spirit Akademik Bagi Mahasiswa Generasi Milenial

Tulungagung- Istighotsah dan Doa Bersama digelar oleh Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU) pada hari Senin, tanggal 22 Agustus 2022, bertepatan dengan tanggal 23 Muharram 1444 H. Acara dilksanakan via Zoom yang diikuti oleh 293 peserta secara online. Acara dimulai pukul 09.00 WIB s.d 11.30 WIB, dinahkodai oleh Bu Nurul Baiti Rohmah, M.Hum yang bertugas sebagai Host. Sedangkan imam Istighotsah dipimpin oleh Kajur Adab (Dr. H. Ahmad Nurcholis, M.Pd), dan doa bersama dipimpin oleh Kajur Dakwah (Dr. Nurul Hidayat, M.Ag). 

Wakil Dekan II (Dr. H. Nur Kholis, M.Pd), dalam sambutannya menegaskan bahwa tujuan utama dari acara Istighotsah dan doa bersama di antaranya: (a) Sebagai tradisi religius dalam menanamkan spirit akademik bagi mahasiswa generasi milenial  (b) Optimisme untuk memperoleh ilmu yang bermanfaat (c) Sebagai niat untuk kirim doa dan penghormatan bagi arwah-arwah para Pendiri UIN SATU (d) Upaya unyuk mewujudkan kampus dakwah dan peradaban yang bernuansa Islami. (e) Berharap untuk keselamatan dan keberkahan hidup dunia akhirat bagi seluruh warga UIN SATU. (f) Kelancaran proses pembangunan gedung baru, dan kelancaran proses belajar mengajar selama semester Ganjil.

                                                      

"Saya sudah mengusulkan, saat kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Mahasiswa baru tahun 2022, agar disisipkan acara Istighotsah dan Doa Bersama, namun karena jadwal PBAK dari Rektorat begitu padat, akhirnya ditunda hari ini, yakni senin, tanggal 22 Agustus 2022. Sabab menurut hemat saya, Istighotsah dan Doa Bersama harus menjadi mainstream dalam membangun spirit akademik", tegas Dr. H. Nur Kholis, M.Pd. (Ois/Baiti/Budi/Faizun/Malik/Darisy)