Selasa, Oct 04, 2022

Talk Show Edukasi Menejemen Haji dan Umrah

Tulungagung-Pada hari Kamis 8 September 2022 bertepatan dengan tanggal 11 Shafar 1444 H, pada pukul 09.30 WIB s.d 14.15 WIB, bertempat di Aula Gedung KH. Arief Mustakim lantai 6, para mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Manajemen Dakwah (HMPS MD) menghelat kegiatan Talk Show yang bertemakan "Edukasi Menejemen Haji dan Umrah". Kegiatan ini sebagai upaya mengenalkan mahasiswa tentang tata cara pendirian travel dan seluk beluk manajemen travel Haji dan Umroh.

Acara spektakuler tersebut, digawangi oleh dua Narasumber kunci,  yakni Bapak Amirudin, M.Pd dari kantor Kemenag Kab. Tulungagung dan Ibu Rengganis Prama Iswari, S.E dari biro travel Armrinareka Kab. Tulunggaung. Keduanya menyampaikan materi kepada dosen dan mahasiswa yang hadir di aula, sejumlah 212 peserta. Acara diawali dengan sambutan Panitia, dilanjutkan dengan sambutan Ketua HMPS MD (Sahabat Aminuddin). Tak terlewatkan juga, para hadirin menyimak dengan seksama sambutan Wakil dekan III Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah bidang kemahasiswaan (Dr.Hj. Salamah Nurhidayati, M.Ag), yang sekaligus membuka  acara secara resmi.

Dalam sambutannya, Ketua HMPS Manajemen Dakwah (Sahabat Aminuddin) berharap agar acara seperti menjadi agenda rutin, yang bisa diikuti oleh dosen dan mahasiswa setiap tahun. Sebab salah satu konsentrasi keahlian program studi Manajemen Dakwah adalah Manajemen Umrah dan Haji. Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Dekan III  (Dr. Hj. Salamah Nurhidayati, M.Ag), yang juga didampingi oleh Kajur Manajemen Dakwah (Bpk. Rohmat, S.Hum., M.Hum), dan Ketua Jurusan Adab (Dr. H. Ahmad Nurcholis, SS., M.Pd), serta perwakilan dosen dari Prodi MD, di antaranya: Bpk. Dr. H. Yuzki Faradian Nawafi, Bpk. Dr. Bobby Rachman Santoso, dan Dr. Zulva Ismawati, M.Ag, serta dosen-dosen lain, di lingkungan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah UIN Satu Tulungagung.

                                                                                         

Menurut Dr. Hj. Salamah Nurhidayati, M.Ag atau yang lebih akrab dipanggil dengan nama "Bunda FUAD",  bahwa Prodi MD sekarang sudah menemukan karakteristiknya, di antara Prodi-Prodi yang lain, di bawah naungan Jurusan Dakwah, yaitu dengan peminatan dan konsentrasi pada manjemen haji dan umrah. Acara Talk Show berjalan dengan lancar, dengan dipandu oleh Ummi Kulsum salah satu mahasiswa MD, yang bertugas sebagai host. Narasumber dari kantor kemenag memaparkan tentang regulasi Haji dan Umroh. Sedangkan narasaumber yang kedua berbicara lebih banyak menjelaskan tentang teknis manajemen Haji dan Umrah. Acara diakhiri dengan sesi tanya jawab yang sambut dengan antutias oleh peserta. (Rohmat-Ois-Zami-Baiti-Budi)