Kamis, Mar 28, 2024

Penyusunan SOP dan Alur Kerja di Lingkungan FUAD UIN Satu Tulungagung Sebagai Tindak Lanjut dari Raker Fakultas Tahun 2023.

Tulungagung-Rapat Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Alur Kerja di Lingkungan FUAD UIN Satu Tulungagung digelar pada hari Rabu, tanggal 1 Februari 2023, bertepatan dengan tanggal 9 Rajab 1444 H. Rapat dimulai pukul 09.15 WIB s.d 12.30 WIB, bertempat di Kantor Dekanat Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah di Gedung KH. Arief Mustaqiem Lantai 1.

Wakil Dekan II (Bpk. Prof. Dr. H. Nur Kholis, M.Pd.) menjelaskan bahwa rapat Penyusunan SOP dan Alur Kerja di Lingkungan FUAD UIN Satu Tulungagung adalah sebagai Tindak Lanjut dari Rapat Kerja FUAD UIN Satu Tulungagung yang dihelat selama tiga hari, yakni pada hari Kamis s.d Sabtu tanggal  26 s.d 28 Januari 2023,  di hotel Porta By The Ambarrukmo Sleman Yogyakarta, yang lalu. Agenda rapat yang paling krusial, yakni:

Pertama, penyusunan SOP Ujian Seminar Proposal, SOP Ujian Komprehensif, SOP Ujian Skripsi, dan mendeskripsikan alur kerja Kajur, Sekjur, Koorprodi, dan Tenaga Administrasi.

Kedua, penyusunan alur kerja yang terencana dan masif antara Kajur, Sekjur, Koorprodi, dan Tenaga Administrasi, serta penyediaan dokumen dan item-item tugas dan urutan tindakan, yang saling terkait  dan sinergis, sehingga terwujud layanan akademik yang efesien dan optimal. Hal tersebut ditegaskan oleh Prof. Dr. H. Nur Kholis, M.Pd., saat memimpin rapat, yang didampingi oleh Wadek I (Bpk. Dr. Nurul Hidayat, M.Ag.), Ketua  GJM (Bpk. Ahmad Fauzan, M.Pd.I), dan Pengelola Smart Campus (Ibu Fionna Christabella, M.A. dkk)

Ketiga, integrasi layanan akademik berbasis Smart Campus. Mahasiswa FUAD UIN Satu Tulungagung bisa mendaftar berbagai macam layanan akademik secara langsung melalui Smart Camous, seperti: layanan pendaftaran ujian seminar proposal, pendaftaran ujian komprehensif, dan pendaftaran ujian skripsi secara mandiri, cepat, tepat, efisien dan mudah. Hal itu dikarenakan, smart campus dapat diakses oleh mahasiswa dan dosen secara online, di manapun dan kapanpun, ia berada.

Keempat, mempertegas tugas dan tanggung jawab antara Kajur, Sekjur, Koorprodi, dan Tenaga Administrasi. Hal tersebut ditegaskan oleh Wadek I (Bpk. Dr. Nurul Hidayat, M.Ag.) bahwa tersusunnya SOP dan alur kerja, akan memperjelas tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh Kajur, Sekjur, Koorprodi, dan Tenaga Administrasi. Sehingga tugas dan tanggungjawab tersebut, tidak menumpuk pada salah satu pihak, akan tetapi dibagi secara imbang, adil dan proporsional.

                                                                                

Turut hadir dalam rapat tersebut, di antaranya : Kajur Dakwah (Ibu Citra Ayu Kumala Sari, M.Psi), Sekjur Adab (Nurul Baiti Rohmah, M.Hum), Kajur Adab (Dr. H. Ahmad Nurcholis, SS., M.Pd), Sekjur Adab (Naibin, M.Ag.) Sekjur Ushuluddin (Dr. Budi Harianto, M.Fil.I), dan Jajaran pengelola Gugus Janinan Mutu (GJM), serta para pegawai administrasi FUAD UIN Satu Tulungagung. (Ois-Budi-Citra Ayu-Baiti-Naibin-Malik-Faizun-Darisy)