Selasa, Oct 04, 2022

Prodi Manajemen Dakwah Menyelenggarakan Lomba Esai "MD Fest" Tingkat Nasional 2022

Tulungagung-Untuk kali ke-2, Prodi Manajemen Dakwah, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah UIN Satu Tulungagung sukses menyelenggarakan lomba esai "MD Fest" tingkat Nasional Tahun 2022, yang diadakan di Aula Lantai 2, Gedung Ushuluddin Lama. Lomba esai tersebut, merupakan tradisi akademik guna meningkatkan potensi literasi di tingkat mahasiswa agar mampu menumbuhkkan spirit dakwah di tengah-tengah masyarakat global. MD Feat diselenggarakan tiap tahun, mulai dari tahun 2021 yang lalu, hingga sekarang. Lomba esai tersebut dikemas dalam acara yang bertemakan manajemen Dakwah Festival yang disingkat dengan "MD Fest" Tahun 2022.

Hadir dalam acara tersebut Kajur Dakwah (Dr. Nurul Hidayat, M.Ag), Sekjur  Dakwah (Ibu Nurul Baiti Rohmah, M.Hum), Kajur Adab (Dr. H. Ahmad Nurcholis, SS., M.Pd), Koorprodi Manajemen Dakwah (Bpk Rohmat, S.Hum., M.Pd.I), yang didampingi oleh Juri-juri lomba, yakni Bpk Dr. Bobby Rachman Santoso, M.S.I dan Ibu Dr. Zulva Ismawati, M.Pd.I., dan jajaran Panitia, serta mahasiswa-mahasiswi yang hadir sebagai audience. Para perserta lomba sejumlah 53 orang. Mereka hadir dari berbagai Perguruan Tinggi Keislaman, baik swasta maupun negeri. Sebelumnya, mereka telah melampaui babak penyisihan via daring. Selanjutnya, terpilih 5 orang pea untuk menjadi finalis utama.

Hasil penilaian para juri, memutuskan bahwa terdapat lima finalis yang menjadi nominator pemenang lomba esai, yakni: (1) Ahmad Nashikhul Huda, Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, UIN Sunan Ampel Surabaya, dengan tema: “DC3” (Da’wa Conference of Content Creator Sebagai Upaya Pembentukan Konten Kreator Dakwah Bersanad di Era Society 5.0. (2) Andayani, Prodi Manajemen Dakwah, UIN Satu Tulungagung, dengan tema Replikasi Dakwah Dalam Meningkatkan Jaringan Islam yang Global di Era Society 5.0. (3) Nur Saifullah, Prodi Sosiologi Agama, IAIN Kediri, dengan tema : "Peran Yayasan Pemuda Tersesat Terhadap Perubahan Sosial Melalui Dakwah Digital". (4) Salsa Bela, Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah, dengan tema: "Podcast sebagai Media Dakwah Baru di Era 5.0". (5) Siti Uswatun Nur Kasanah, Prodi Manajemen Dakwah, UIN Sayyid Ali Rahmatullah, dengan tema : "Aktualisasi Dakwah Di Media Sosial Sebagai Sarana Inovatif Di Era 5.0".

                                                                      

Ketua HMPS Manajemen Dakwah (Muhammad Aminuddin) berharap agar di tahun mendatang, acara spektakuler semacam ini, harus terus dipertahankan, agar generai milenial, khususnya mahasiswa di PT Keislaman di Indonesia, mampu bersinergi, berkolaborasi dan, dan berkompetensi, dalam ajang MD Fest yang diadkan oleh Prodi Manajemen Dakwah, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, UIN Satu Tulungagung. Pernyataan tersebut, dibenarkan oleh Ketua Panitia (Sahabat Fajar Haris Setyawan), Sekretaris (Sahabat Maidatul Jannah Fitriyah), dan Bendahara (Sahabat Dinda Imroatul Faizah). Mereka tampak kompak dan sinergis dalam mensukseskan acara MD Fest Tahun 2022. (Ois/Zulva/Rohmat/Bobby/Rifa'i)