Rabu, Nov 29, 2023

Opening Ceremony Communication Day (COMMDAY) 2023 “Akara Catha Gunita : Wujud Nyata Budaya Komunikasi Kreatif”

Tulungagung-Himpunan Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (HMPS KPI) Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung mengadakan Opening Ceremony Communication Day (COMMDAY) 2023. Acara tersebut dilaksanakan di Aula Gedung Arief Mustaqiem lantai 6 pada Jum`at pagi (06/10/23). COMMDAY merupakan salah satu program kerja tahunan dari HMPS KPI. Pada COMMDAY kali ini mengusung tema “Akara Catha Gunita : Wujud Nyata Budaya Komunikasi Kreatif”. Opening Ceremony kali ini dimulai pada pukul 09.00 WIB yang dibuka oleh MC Formal yaitu Berliana Berta dan Najjamudin Azra Zulham yang merupakan Mahasiswa KPI semester 3, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan Mars UIN SATU serta  dilanjutkan dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur`an oleh Alifa Nabila Nur Kumala (Mahasiswa KPI semester 3).

Acara selanjutnya yaitu sambutan-sambutan, sambutan pertama dari Ketua Pelaksana COMMDAY 2023 yaitu Muhamad Fajar Sefiantoro, ia mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh peserta, sekaligus tamu undangan yang turut hadir dalam Opening Ceremony COMMDAY 2023. Fajar juga berharap agar serangkaian acara COMMDAY dapat berjalan dengan sukses sampai penutupan nanti. Dalam sambutannya, fajar juga mengungkapkan rangkaian acara COMMDAY 2023, “COMMDAY tahun ini terdiri dalam Eight Essential Concepts yang meliputi Seminar Lingkar Komunikasi (LINGKOM) #4, COMMDAY Competition (Presenter, Desain Grafis, Fotografi, Mobile Legends, dan Liga KPI atau lomba Futsal), KPI Exhibition (Gelar Karya Mahasiswa KPI UIN SATU), Pilmawapres (Pilihan Mahasiswa Berprestasi), KPI Berkain, Kenduri Akbar, Temu Relasi KPI Se-Karisidenan Kediri dan Closing Ceremony” ucapnya.

Setelah sambutan dari Ketua Pelaksana, sambutan berikutnya dari Ketua HMPS KPI yaitu Dede Ega Firmansyah. Dalam sambutannya Dede juga mengucapkan banyak terimakasih kepada para tamu undangan dan peserta yang telah hadir dalam Opening Ceremony COMMDAY 2023, Dede juga mengucapkan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh panitia yang telah luar biasa hebat dalam mempersiapkan Opening Ceremony COMMDAY 2023 ini. “KPI harus bangga dengan adanya kegiatan COMMDAY ini. Mahasiswa KPI harus ikut aktif dalam berbagai rangkaian COMMDAY tahun ini. Dan seluruh dosen KPI harus bangga dengan inovasi-inovasi mahasiswanya” ucap Dede. Dede juga memohon support dan dukungan semua pihak untuk turut mensukseskan terlaksananya kegiatan Communication Day 2023 ini agar KPI Lebih Progresif lagi.

                                                                               

Dilanjut dengan sambutan yang terakhir yaitu dari Prof. DR. H. Abad Badruzzaman Lc., M.Ag. selaku Wakil Rektor 3 bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN SATU Tulungagung, beliau menegaskan kembali bahwa KPI adalah Prodi yang Kreatif, Progresif dan Inovatif, tak hanya Kreatif namun juga Komunikatif dan Kontributif. Beliau turut bangga dengan adanya prodi KPI dan beliau juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh Mahasiswa KPI yang selalu ikut andil dalam berbagai event yang ada di kampus Dakwah dan Peradaban ini. Abah Abad (sapaan akrabnya) juga tak pernah absen dalam membuka acara COMMDAY yang di selenggarakan oleh Prodi KPI. Sambutan Abah Abad sekaligus membuka secara resmi COMMDAY 2023 dengan pemukulan gong, dan kemudian dilanjutkan penayangan video motion rangkaian COMMDAY 2023. Dengan itu Communication Day (COMMDAY) 2023 resmi dibuka. Acara Opening Ceremony COMMDAY 2023 diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin oleh Bapak Dr. Syarif Thoyyib, M.Pd.

Setelah berakhirnya Opening Ceremony COMMDAY 2023, acara dilanjutkan dengan rangkaian COMMDAY yang pertama yaitu Seminar Lingkar Komunikasi (LINGKOM) #4 dengan tema “Konten Kreatif Berbasis Kearifan Lokal”. Acara tersebut dibuka oleh MC Non Formal yaitu Ni’matur Rosidah dan Sigit Setiawan (Mahasiswa KPI semester 3). Lingkom kali ini turut mengundang Afidz Ahmad (RU 2 Duta Budaya Jawa Timur), dan juga di moderatori oleh Rahma Ananda Putri (Mahasiswa KPI Semester 7). LINGKOM tersebut berakhir pada pukul 11.00 WIB. Acara Opening Ceremony COMMDAY ini ditutup dengan foto bersama.