Jumat, Jun 21, 2024

Manajemen Pembimbingan Manasik Haji Oleh Drs. Bajuri

Ahad, 10 Desember 2023 - Diadakan kegiatan sertifikasi pembimbing manasik haji yang diawali dengan seminar motivasi dengan Bapak Drs. Bajuri sebagai narasumber didampingi Lutfi Ulfa Niamah, M.Kom.I sebagai moderator. Diskusi dengan tema Manajemen Pembimbingan Manasik Haji diikuti seluruh peserta dengan antusias dan disiplin sesuai aturan yang diterapkan oleh panitia dari UIN SATU Tulungagung. Drs. Bajuri menjelaskan bahwa pembimbing haji memiliki kelebihan di antaranya: 1) sebagai profesi dengan derajat kenabian. 2) sebagai profesi derajat malaikat. 3) orang yang dikehendaki oleh Allah swt. 4) berpeluang bisa umrah setiap bulan dan haji setiap tahun. 5) orang yang lebih mulia dibanding 1000 abid. 6) orang yang masuk surga sendiri, mendapat syafaat nabi dan syafaat jemaahnya.

Drs. Bajuri juga menegaskan bahwa amanah UU no. 8 Tahun 2019 menerangkan tujuan penyelenggaraan umrah adalah membina, melayani dan melindungi jemaah haji Indonesia. Maka pembimbingan manasik haji bertujuan untuk memahami, mengamalkan, pengabdian, dan pengampunan. Manajemen Pembimbingan Haji dan Umrah adalah strategi terbaik untuk meningkatkan kualitas bimbingan, kualitas SDM dan popularitas usaha di bidang haji dan umrah. Manajemen Pembimbingan haji dan umrah adalah tolok umur keberhasilan sebuah pembimbingan yang modern, milenial dan profesional.
 
                                                                      
 
Adapun panitia dari UIN SATU Tulungagung mengawal seluruh peserta sertifikasi pembimbing manasik haji secara profesional dan moderat. Dr. Budi Hariyanto sebagai IT/Multimedia dan Ice-Breaking, Dr. Mutrofin sebagai handling-discuss, Rohmad sebagai keamanan, dan Dr. Bobby Rachman sebagai fotografer dan reporter. Adapun Dr. Ahmad Nur Cholis sebagai Ketua Tim asesor juga selalu mengawasi kegiatan ini dengan disiplin.