Jumat, Jun 21, 2024

Perkuat Program Studi, Dosen dan Mahasiswa Manajemen Dakwah UIN SATU Tulungagung laksanakan Study Banding di UIN Walisongo Semarang

Dosen dan Mahasiswa angkatan 2021 Program Studi Manajemen Dakwah Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU Tulungagung) melakukan study banding di UIN Walisongo Semarang. Hal tersebut dilaksanakan dengan acara yang dikemas dalam tajuk Kuliah Tamu di Kampus Kemanusiaan dan Peradaban pada Rabu (29/05/2024) di Ruang Teatrikal Lantai 4 Gedung KH. Saleh Darat Kampus 3 UIN Walisongo Semarang.


Study banding dan kuliah tamu itu dimulai dengan pertunjukan kesenian tari oleh mahasiswa Manajemen Dakwah UIN Walisongo Semarang. Penampil tari mampu memukau hadirin di Ruang Teatrikal tersebut. Agenda tersebut dilanjutkan dengan acara ceremonial hingga beberapa sambutan.

Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kelembagaan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Walisongo Semarang, Bapak Qomarudin, M.Ag. dalam sambutannya menyampaikan bahwa UIN SATU Tulungagung serta UIN Walisongo Semarang memiliki kemiripan dalam segi nama yang sama-sama menggunakan nama Wali. Terlebih bagi jurusan Manajemen Dakwah, proyeksi program ziarah terhadap para wali dan ulama merupakan salah satu wujud konkrit dalam menerapkan kegiatan dakwah dalam kehidupan sehari-hari.

Qomarudin, M.Ag. juga menyebutkan bahwa Prodi Manajemen Dakwah sudah seharusnya dalam melakukan riset sejalan dengan visi dan misi lembaga masing-masing. Dalam bentuk sinergitas kedua lembaga, adanya diskusi dosen dan mahasiswa dari kedua lembaga ini diharapkan mampu saling bertukar informasi dan berkolaborasi untuk mengembangkan kedua prodi.

Segala sesuatu yang positif di Semarang, bisa diterapkan di Tulungagung. Begitu sebaliknya, kelebihan yang dimiliki UIN Tulungagung, dapat digunakan oleh UIN Semarang,” kata Wakil Dekan I FDK UIN Walisongo Semarang.