Rabu, May 22, 2024

Peserta Membludak : 163 Orang Mengikuti Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Ke-6 Mandiri Tahun 2024

Surabaya-Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Profesional Mandiri Ke-6 Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh DPW PFK KBIHU Jawa Timur yang dinahkodai oleh KH. Habib Abu Bakar Assegaf, SH, M.Hum bekerjasama dengan Kanwil Jatim dan UIN Satu Tulungagung digelar di Hotel Suites Surabaya yang beralamat di Jl. Pemuda 33-37, Surabaya, Jawa Timur.  Acara spektakuler tersebut dilaksanakan selama 7 hari yakni dimulai pada Jum'at, tanggal 02 Februari 2024 s.d Kamis, tanggal 08 Februari 2024, bertepatan dengan tanggal 21 s.d 27 Rajab 1445H.

Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (Prof. Dr. H. A. Rizqon Khamami, Lc., M.A.) menjelaskan bahwa rekor jumlah peserta Sertifikasi terbanyak adalah saat ini. Sebab jumlah peserta sertifikasi membludak, yakni sebanyak 163 orang. Beliau juga menegaskan bahwa UIN Satu Tulungagung semenjak 24 Oktober 2021, selalu berkomitmen untuk merealisasikan MoU dengan pihak Dirjen PHU Kemenag Jakarta dengan terus berupaya untuk menyelenggarakan proses sertifikasi secara profesional, unggul dan kompeten. 
 
Dr. H. Khusnul Marom, M.HI yang menjabat sebagai Kepala Kanwil Kemanag Jatim menjelaskan bahwa peserta harus memiliki 5 Kompetensi: Kompetensi Kognitif, Kompetensi Leadership, Kompetensi Komunikatif,  Kompetensi Manajerial, dan Kompetensi Sosial. Beliau menjelaskan bahwa saat ini jama'ah Haji membutuhkan Fikih Taisir. Maksud dari Fikih Taisir adalah hukum Fikih dari 4 Madzhab yang memudahkan Jama’ah saat memunaikan ibadah Haji di tanah suci.
Prof. H. Hilman Latief, P.hD. selaku Dirjen PHU Kemenag Jakarta optimis bahwa ibadah haji tahun 2024 akan bisa dilaksanakan dengan baik dan lancar. Sebab hingga saat ini telah ada sejumlah 1.420 orang yang resmi menjadi pembimbing haji profesional. Beliau berharap bahwa haji yang melibatkan jutaan orang di dunia ini  yakni ibadah dan umroh bisa berjalan dengan lancar. Beliau juga menjelaskan bahwa pada abad 19 hingga abad 20 ibadah haji dilaksanakan dengan berbagai motif, antara lain bergdang, belajar agama dan menjadikan manasik haji sebagai profesi yang disebut  dengan pangilan Syeikh Haji. 
                                                                   
Acara sertiifikasi tersebut berjalan dengan sukses dan lancar, di antaranya sebab dukungan penuh dan  kerja keras dari Tim Panitia dari UIN Satu Tulungagung, yakni:
1. Prof. Dr. H. Nur Kholis, M.Pd. (Asesor Haji)
2. Dr. H. Saerozi, M.Pd (Asesor Haji)
3. Dr. H. Junaris, M.Pd (Asesor Haji)
4. Dr. KH. Teguh Ridhwan, M.Ag (Asesor Haji)
5. Dr. KH. Ahmad Nurcholis, M.Pd (Asesor Haji/ Kaprodi S2 AFI)
6. Dr.  Budi Harianto, M.Fil.I (Koordinator Panitia)
7. Dr. Bobby Rahman Santoso, M.S.I (Devisi Kedisiplinan)
8. Luthfi Ulfa Ni'amah, M.Kom.I (Devisi Acara)
9. Dr. Muthrofin, M.FiI.I  (Devisi Reportase)
10. Rohmat, M.Pd (Moderator)